Senin, 12 Desember 2011

Berbicara Efektif

Seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan berbicara itu sangat diperlukan. Tidak hanya keberanian untuk berbicara di depan orang banyak, tapi juga memberikan informasi yang kita ingin orang lain tahu. Tapi bagaimana jika Anda terlalu banyak bicara? Apakah itu bisa membuat orang lain mengerti maksud yang Anda bicarakan? Pastinya tidak. Sebenarnya cukup mudah jika Anda tahu dasar dari berbicara efektif. Nah, saya sudah mendapatkan materi mengenai berbicara efektif. Materi ini dibawakan oleh mbak Jeanny Mareta Daud.


Apa sih berbicara efektif? Berbicara efektif adalah kemampuan menyampaikan pesan, maksud dan tujuan dengan sistematis, jelas, padat, lugas dan mudah dipahami.
Dalam berbicara efektif, ada 5 prinsip dasar yang harus Anda ketahui agar bisa langsung menerapkannya dengan baik. Sederhana sekali lho. Apa saja 5 prinsip dasar itu?
1.       Respect
Respect berarti menghormati. Dalam berbicara, menghormati dan menghargai lawan bicara adalah hal yang sangat penting. Jika kita ingin orang lain mendengarkan kita, kita harus menghormati mereka. Jika mengkritik juga harus dengan menghargai harga diri orang lain.
2.       Emphaty
Emphaty adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain. Emphaty juga adalah salah satu bentuk dari respect. Dengan merasakan apa yang sedang dialami oleh orang lain, kita bisa berbicara sesuai dengan situasi dan kondisinya. Misalnya teman sedang mengalami musibah tapi Anda malah berbicara dengan riang gembira, pasti teman Anda tidak akan mau mendengarkan Anda. Secara tidak langsung hal itu sama saja dengan Anda tidak menghargainya.
3.       Audibility
Audibility maksudnya adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik oleh pendengar
4.       Clarity
Clarity adalah kejelasan yang ingin disampaikan. Caranya adalah:
·         Tentukan tujuan dengan jelas
·         Organisasikan ide
·         Format bahasa yang digunakan.
·         Pesan jelas, tepat, dan meyakinkan
·         Pesan fleksibel atau to the point
5.       Humble
Humble artinya rendah hati. Rendah hati disini maksudnya adalah tidak berbicara seakan-akan kita ini orang penting, mudah menangkap respon positif atau tidak berpikir yang negatif dari orang lain, dan menerima kritik orang lain dengan sikap rendah hati. Clarity juga termasuk dalam respect.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;